Senin, 18 Januari 2016

Kehidupan kampus (1)

Assalamualaikum wr wb

Bonjour!!☺
Alohaa semuaa. Huaah gue kembali setelah hampir 2 tahun gak update blog saking sibuk nya wehehehe. By the way gue udah mahasiswa semester 4 lho. Waktu cepat berlalu ya hmm. Sekarang gue mau ceritain pengalaman gue sebagai mahasiswa semester 4 jurusan farmasi di universitas X. Gue kasih clue nih. Universitas nya masih di kota gue kok kikikik.

Ternyata kehidupan di kampus tidak seindah di ftv lho guys. Percaya ga percaya ya kalian harus percaya (agak maksa sih hehe). Ya iyalah karena gue udah ngalamin bagaimana kerasnya kehidupan di kampus. Dan kalau gue bilang agak susah2 gampang sih. Susahnya karena harus ngerjain laporan setumpuk, tugas banyak, ujian dimana-mana, dan hanya tidur 4 jam padahal besoknya ujian huft. Gampang nya karena jalan praktikum lumayan menyenangkan, tapi kalau buat laporan nya hmm gak hehehe.

Semester 1
Semester ini gue lumayan santai kuliah nya. Kenapa? Karena pelajaran nya masih kayak di SMA, seperti biologi, kimia, fisika, matematika, bahasa inggris. Yang lainnya mata kuliah umum. Tau kan mata kuliah umum? Jadi dalam mata kuliah umum kita digabung dengan beberapa mahasiswa jurusan lain minimal sih 2 jurusan dalam satu mata kuliah. Di semester ini mata kuliah (singk: matkul) yang paling banyak yaitu kimia ada 4 sks. 1 sks praktikum dan 3 sks kuliah tatap muka. Bayangin 1 sks tu 45 menit, jadi matkul kimia ada sekitar 2 jam lebih sekali tatap muka. Keluar langsung lecek muka lihat atom, unsur, dll nya itu-_- Selain kimia yang lainnya ada 3 sks untuk biologi dan fisika, 2 sks untuk matematika dan bahasa inggris. Jadi, kalau ada mata kuliah yang lebih dari 2 sks berarti ada praktikum nya. Bisa dibilang di semester ini praktikum ada 3 buah yaitu biologi, kimia, dan fisika. Ga perlu gue ceritain yah gimana praktikum nya, karena menurut gue, gue ga menikmati praktikum nya karena ada yg horror teriak2 gitu hoho. Setelah praktikum nya selesai seperti biasa ada namanya ujian praktikum atau disebut juga responsi. Sebelum responsi gue dan teman sekelas harus memakai baju sesuai kakak2 asisten dosen nya. Kalau ga pake baju hitam putih ya pake baju yang warnanya udah ditentuin kakak2 nya. Lalu responsi nya pake sistem ketuk. Jadi di beberapa tempat kita dikasih soal yang sudah disediakan dan jawab pertanyaan nya selama waktu yang sudah ditentukan. Kemarin sih dikasih nya 2 menit per soal. Setelah 2 menit tersebut, ntar kakak nya ngetuk tanda waktu sudah habis dan kita harus lanjut ke soal berikutnya. Alhamdulillah gue bisa menjawab soal nya. Tetapi di matkul fisika gue ga tau deh berapa nilai nya boodo amat kata gue wkwk. Gue ga suka yang namanya fisika, ekonomi, atau geografi. Karena...gue ga suka aja hehe.
Habislah gelap terbitlah gelap. Kenapa? Karena praktikum selesai UAS pun datang huhu. Oh ya, sebelum UAS dan responsi ada UTS atau mid semester. UTS itu kita diuji kemampuan kita dari awal masuk hingga menjelang UTS. Hasil penilaian nya ntar digabung dengan nilai UAS nantinya. UAS gue selama 5 hari, ada 1 hari 2 matkul. 5 hari gue mati"an belajar karena gue ga mau nilai gue rendah. Dan alhamdulillah kerja keras gue gak sia" aakk😂. Ip gue? Penasaran?? Kepoo hehe ga deng. Bisa dibilang lumayan dengan ip gue. Eh iya, ip itu singkatan dari indeks penilaian nya. Ip tu biasanya keluar 2-3 minggu setelah UAS. Ip itu berguna saat kita mau ngontrak di semester lanjutnya. Kalau ip kita 3 atau lebih kita bisa ngontrak matkul full di semester itu. Kalau kurang dari 3, kurang pula lah matkul yang bisa kita kontrak. Tapi karena di kampus gue di semester 1 dan 2 masih paket, jadi ga harus ip nya lebih dari 3 untuk ngontrak full.

*to be continued✌

1 komentar: